EMAILKU: goyangkan@gmail.com,Hp:082344218297-berminat?SILAHKAN HUBUNGI KAMI.

ikut donk!!!

BATU BACAN


CRYSOCCOLLA adalah  MINERAL  batu yang dikandung oleh jenis BATU BACAN. BATU Jenis ini terbilang unik dibanding batuan NUSANTARA lainnya. Apapun mereka katakan,bagaimanapun mereka akali,atau menjatuhkan nilai BATU BACAN,hanya merekalah manusia yang BODOH menilai bagaimana BATU BACAN sesungguhnya. Saat sekarang,ada kelompok yang sengaja menimbulkan presepsi dan menggiring untuk masuk lingkaran pembodohan. Batu Bacan akan jelas diketahui corak dan sifat Batunya hingga kita tidak bisa  dibohongi. Pertama tama daging Batunya. (Tidak ada kesan kaca didalamnya saat disenter lampu,atau urat air dalam daging batu,serat dari kasar hingga menjadi kristal) Beda seperti batuan  Batu GARUT,AKIK(Agate),KECUBUNG(Amethyst),ATAU Istilahnya BATUAN KALIMANTAN,SAPIR(Turquese), ZAMRUT (emerald),


CHRYSOCOLLA ada di Maluku Utara Indonesia


Variasi Warna : Hijau, Biru, Hijau Kebiruan,
Biru Kehitaman ataupun Coklat
Kadar Transparasi : Translucent - Opak
Luster : Vitreous, Porcelaneous, Waxy, Dull, Earthy
Index Bias : 1.460 - 1.570
Kadar Keras : 2.5 - 3.5 Skala Mohs.
Berat Jenis :  1.93 – 2.40 gr/cm3

Formula Kimia : (Cu,Al)2H2Si2O5(OH)4 + nH2O
(Hydrated Coopper Sillicate)
Sistem Kristal : Orthorhombic 

Tahun ditemukan : 315 Sebelum Masehi
Wilayah Penghasil : Australi, Chili, Indonesia Maluku Utara, USA, Israel, Kongo, dll






Chrysocolla berasal dari Bahasa Yunani, terdiri dari dua kata yaitu Chryso (emas) dan Colla (lem). DinamakanChrysocolla karena dulunya mineral ini banyak digunakan oleh tukang emas untuk bahan soldier/patri. Di Romawi perekat yang terbuat dari Chrysocolla disebut santerna yang digunakan untuk mengelas/menyambung/menempelkan keping - keping emas. Istilah penyebutan Chrysocolla pertama digunakan oleh seorang filsuf sekaligus ahli botani Yunani yang bernama Theophratus pada tahun 315 sebelum masehi.

Di zaman mesir kuno, Chrysocolla disebut sebagai "wise stone" atau "batu bijak" dan disebutkan sering dipakai Cleoatra sebagai perhiasan. Meskipun Chrysocolla hanya memiliki tingkat kekerasan rendah namun Chrysocollaadalah salah satu jenis mineral yang terkenal dalam dunia batu permata.

Chrysocolla sering ditemukan bercampur dengan quartz atau "menyatu" dengan chalcedony. Maka dari itu sering kita dengar istilah Chrysocolla Chalcedony, Chrysocolla Agatized ataupun Quartz Chrysocolla. Chrysocollayang murni sangat lembut dan rapuh dengan kadar kekerasan sekitar 2.5 - 3.5 Mohs Scale dan tidak cocok untuk permata faceted atau cabochons. Namun Chrysocolla yang menyatu dengan
chalcedony memiliki kekerasan yang tinggi yaitu sekitar 7 Mohs Scale dan sering disebut "Gem Silica" atau "Chrysocolla Chalcedony "dalam dunia perdangan batu international. 


Chrysocolla Chlacedony tahan lama dan dapat digosok atau difaset untuk digunakan sebagai batu  permata. Chrysocolla terkadang juga ditemukan."menyatu" dengan Azurite dan Malachite. Chrysocolla dapat ditemukan di berbagai tempat di dunia, mulai dari Kongo, Israel, USA, Chili dan di negara kita, Indonesia juga ditemukan Chrysocolla dengan kualitas yang baik. 

Pengahasil Chrysocolla yang umumnya adalahChrysocolla Chalcedony di Indonesia yaitu Pulau Kasiruta, Pulau Bacan dan Halmahera Selatan. Namun yang sangat terkenal adalah Chrysocolla Chalcedony dari Pulau Bacan sehingga dikenal dengan nama Batu Bacan.

 Di Pulau Kasiruta, Chrysocolla ditambang di kecamatan Bacan Barat tepatnya di Desa Doko dan Desa Palamea. Jarak desa satu dengan yang lain hanyalah 3 hingga 5 km. 


Chrysocolla Chalcedony yang dihasilkan Desa Palamea sering disebut dengan Bacan Palamea yang biasanya berwarna hijau segar, muda dan cerah dengan kualitas kristal cukup baik. Dan Chrysocolla Chalcedony dari Desa Doko sering disebut Bacan Doko yang biasanya hijau tua, hitam, hijau cincau, biru, biru kehijauan dan coklat. Bacan Doko biasanya mempunyai kadar transparasi yang rendah atau jarang ditemukan kristal seperti Bacan Palamea. Namun Bacan Doko yang kristal juga terkadang ditemui meskipun terbilang sangat langka!


 Mineral Batu Dunia dengan Istilahnya


Intan/berlian : Diamond
Kecubung : Amethyst
Kecubung teh : Smoky Quartz
Kecubung hijau : Prasiolite Quartz
Kecubung es : Rock crystal
Badar lumut : Green jasper
Ati ayam : red jasper
Badar tawon: Petrified Sea Coral
Zamrud : Emerald
Zamrud Kalimantan: Green Obsidian
Mata macan/biduri sepah : Tiger'e eye
Mata elang (pandan warna abu abu) : Hawk's eye
Mirah : Ruby
Merah Delima : Ruby Star dengan warna merah isi buah delima
Zamrud merah : Bixbite
Sungai dareh : Idocrase
Bacan : Chrysocolla
Kalimaya / Moyo : Opal
Giok : Jade
Akik : Agate
Mutiara : Pearl
Safir air : Iolite
Safir Australia : Kyanite
Ruby Borneo / Merah Borneo : Rhodochrosite
Kecubung Rambut / Rambut Cendana : rutilated quartz
Biduri bulan: Moon stone (white sheen)
Biduri laut : Moon stone Feldspar (blue sheen).
Mata kucing : cat's eye
Pirus : Turquoise.
Laburador : labradorite.
Kuarsa mawar : Rose Quartz.
Batu darah/naga sui : Blood stone.
Biduri surya : sun stone.
Biru lazuardi : lapis lazuli
Yaman : Chalcedony Agate
Batu Meteor : Tekstite
Kol Buntet: Petrified Shell
Sumur Bandung : Chalcedony Agate dengan pusaran di tengah
Badar Emas : Pyrite
Spritus Batu Raja : Chalcedony

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.